Jumat, 26 Agustus 2011

POTENSI WISATA SAMOSIR

Samosir memiliki potensi wisata yang luar biasa, ini merupakan perpaduan antara wisata alam, budaya dan legenda.Potensi pariwisata Samosir perlu dipromosikan sebagai tempat terbaik untuk berkunjung dengan kekayaan dan keindahan panoramanya. Hamparan pantai indah dan bukitnya yang megah, juga menjadi objek wisata yang menarik.
Baca selengkapnya

 Pengembangan kepariwisataan di daerah ini perlu ditetapkan dengan program khusus untuk menggambarkan arah pembangunan yang akan diselenggarakan, melalui berbagai kegiatan pokok yang harus dilaksanakan. Selain itu, keramahan penduduk bersama kebudayaannya yang unik dan menarik, termasuk situs dan peninggalan bernilai sejarah, harus tetap dijaga serta dilestarikan. Pariwisata sebagai industri penting yang dapat mendukung ekonomi masyarakat lokal.
Beberapa Objek wisata samosir 
  • 1. Wisata Alam
  1. Aek Sipitu Dai, Sumber air yang dapat dialirkan menjadi tujuh saluran dan memiliki tujuh rasa serta dapat diyakini menyembuhkan berbagai penyakit.
  2. Danau Sidihoni, sebuah danau di tengah Pulau Samosir yang menjadi keunikan tersendiri dengan sebutan danau diatas danau
  3. Air Panas Pangururan dan Simbolon, kawasan berbatu belerang dimana terdapat mata air panas yang masih alami 
  4. Air Terjun Sampuran Efrata Sosor Dolok, dengan tinggi 26 M dan lebar 10 M berada 3 KM dari Harian Boho  
  •    2 . Wisata Sejarah Seni dan Budaya
  1. Pertunjukan Sigale-gale, berada di Tomok adalah kesenian rakyat berbentuk patung yang dibuat sedemikian sehingga dapat menari mengikuti irama musik tradisional gondang
  2. Batu Parsidangan, berada di desa Siallagan adalah batu yang disusun sedemikian pada masa pemerintahan Raja Siallagan untuk tempat mengadili dan mengeksekusi para kriminal
  3. Museum Huta Bolon, tempat penyimpanan benda-benda kuno orang Batak
  4. Komunitas Tenun Ulos Batak, kelompok masyarakat yang mengerjakan tenun tradisional ulos batak di desa Lumban Suhi-suhi berjarak + 4 Km dari Kota Pangururan.
  5. Makam Raja Sidabutar, berada di Tomok, makam yang terbuat dari batu utuh tanpa persambungan yang dipahat untuk tempat peristirahatan Raja Sidabutar pengusa kawasan Tomok pada masa itu.
  • 3. Wisata Sejarah
  1. Terusan Tano Ponggol, terusan yang memisahkan Pulau Samosir dengan Pulau Sumatera yang dibuat oleh Kolonial Belanda dan sampai sekarang masih berfungsi.
  2. Persanggarahan, bangunan peninggalan colonial Belanda yang pada saat ini digunakan sebagai kantor dan kediaman Penjabat Bupati Samosir, berada di Kota Pangururan.
  3. Patung Liberty Malau, Sebuah Tugu peringatan perjuangan seorang  pejuang angkatan 45 dari Pulau Samosir yang membantu kemerdekaan Republik Indonesia
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar